Monsanto, Terminator Pertanian Indonesia

970122_10151661204258764_671876332_n

Monsanto, Terminator Pertanian Indonesia
_________________________________________

Perusahaan raksasa Monsanto semakin kuat menancapkan cakarnya di Indonesia. Monsanto Indonesia sudah mendapatkan sertifikat keamanan pangan dan pakan untuk jagung RR NK603 dan jagung Bt Mon89034 hasil rekayasa genetika atau transgenik dari Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik (KKH PRG). Monsanto tinggal menunggu persetujuan keamanan lingkungan dari Badan Keanekaragaman Hayati untuk bisa memproduksi bibit jagung transgenik.

Teknologi transgenik mulai dikembangkan di Amerika Serikat (AS) pada 1980-an. Teknologi ini diklaim mampu memberikan hasil panen tinggi karena tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Caranya dengan melakukan modifikasi ulang gen tumbuhan. Sampai saat ini, teknologi transgenik sangat ditentang karena membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya.

Sejak 2006, Monsanto banyak memproduksi benih terminator, yaitu benih yang hanya bisa ditanam satu kali sehingga petani tidak dapat menyimpan dan menggunakan hasilnya untuk penanaman selanjutnya. Pada 2001, Monsanto terlibat skandal yang menghebohkan di Indonesia. Proyek kapas transgeniknya yang digaungkan mampu meningkatkan produksi petani dari 1 ton per hektare menjadi 3,5 ton per hektare, nyatanya tak terbukti.

Monsanto bahkan diduga melakukan penyuapan terhadap sejumlah pejabat pemerintah Indonesia, dengan nilai ratusan ribu dolar AS. Sejumlah Menteri dan pejabat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diantaranya, Menteri Pertanian saat itu Bungaran Saragih dan Menteri LH Nabiel Makarim.

Monsanto dihukum oleh Pengadilan New York dengan kewajiban membayar denda sebesar US$ 1,5 juta karena telah melanggar aturan larangan menyuap di luar negeri (the foreign corrupt practices act). Monsanto berhasil berkelit dari jeratan hukum Indonesia. Para aktivis lingkungan di dunia menyebut Monsanto sebagai ‘global corporate terrorism’.

Kini, Monsanto menginvestasikan dana sebesar 40 juta dolar AS guna pengembangan benih jagung hibrida dan transgenik di Mojokerto, Jawa Timur. Sedikitnya 10.000 hektare lahan disiapkan. Mojokerto dipilih karena areal di kawasan tersebut sangat cocok bagi pengembangan jagung. Perusahaan pangan multinasional seperti Monsanto selalu menciptakan hantu ancaman keamanan pangan sehingga pemerintah merasa harus memenuhi cadangan pangan nasional khususnya jagung.

Pada September 2012 peneliti dari Universitas Caen, Perancis menemukan bahwa tikus putih (mencit) yang diberi pakan jagung transgenik mati lebih awal dibandingkan pada standar diet. Pada mencit yang diberi makanan mengandung NK603 -benih jagung yang toleran terhadap sejumlah obat pembunuh rumput-rumputan Roundup Monsanto- ditemukan tumor mammae serta kerusakan hati dan ginjal yang berat. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology.

Apa yang dilakukan KKH PRG dengan merekomendasikan aman pakan pada kedua produk transgenik Monsanto merupakan pelanggaran serius. Prinsip kehati-hatian yang harus diterapkan dalam pengujian keamanan pakan, pangan, dan lingkungan telah diabaikan.

Penggunaan produk rekayasa genetika sangat mengabaikan pemberdayaan dan masa depan petani. Perusahaan seperti Monsanto akan melakukan penguasaan benih, juga produk-produk ikutan seperti herbisida yang akan didesain sesuai produk Monsanto.
__________________________________________________________

Melawan Monsanto
__________________

Telah timbul suatu gerakan anomin di Indonesia yang mendukung gerakan sedunia melawan Monsanto. Ini bukan gerakan suatu organisasi, tokoh, ataupun iseng yang beragenda politik atau keuangan. Ini adalah gerakan yang mengundang masyarakat yang peduli (kesehatan, lingkungan & budaya) untuk berbagi informasi, kesadaran dan semangat untuk bersuara terhadap menjalarnya perdagangan Monsanto.

Tujuan dari gerakan ini adalah pembangkitan kesadaran (konsumen dan petani) tentang kejahatan korporasi Monsanto dan produk-produknya yang sudah terbukti berdampak sangat negatif pada kesehatan, lingkungan dan budaya pertanian setiap negara. Walaupun mereka menyatakan diri mereka sebagai solusi perkembangan agrobisnis, tapi nyatanya justru melumpuhkan perekonomian lokal. Perusahaan ini tidak memiliki moral dan etika dan sudah melampaui kewajaran alamiah.

Masalah transgenik terikat, pada intinya, untuk kesehatan lingkungan kita dan mimpi dari sebuah demokrasi yang otentik. Monsanto lebih mementingkan laba perusahaan di atas kesejahteraan keluarga petani dan lingkungan dengan tidak jujur mewakili fakta tentang GMO (pangan rekayasa genetik).

Mengapa kita berbaris?

• Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan rekayasa genetik Monsanto dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti perkembangan tumor kanker, infertilitas dan kelahiran cacat.

• Benih transgenik Monsanto berbahaya bagi lingkungan dan keanekaragaman hayati. Misalnya, para ilmuwan mengindikasikan bibit Monsanto telah menyebabkan runtuhnya koloni di kalangan populasi lebah dunia.

• Di Amerika Serikat, FDA, badan yang bertugas untuk memastikan keamanan pangan warga negara dikemudikan oleh eksekutif mantan Monsanto.

• Baru-baru ini, Kongres dan Presiden AS kolektif mengesahkan “Protection Act Monsanto” yang isinya antara lain, melarang pengadilan menghentikan penjualan benih rekayasa genetik Monsanto.

• Monsanto terus menciptakan monopoli atas pasokan pangan dunia, termasuk hak paten eksklusif atas benih dan genetik.

Apa solusi yang kami anjurkan?
• Gunakan uang Anda untuk membeli produk organik dan memboikot perusahaan Monsanto dan penggunaan GMO dalam produk mereka.

• Pemerintah harus menghentikan logika keamanan atau ketahanan pangan, dan melaksanakan prinsip kedaulatan pangan. Kebutuhan pangan nasional harus dilaksanakan dengan sistem pertanian dan petani lokal yang berdaulat.

• Mendesak pelabelan transgenik yang belum menjadi kewajiban di Indonesia sehingga konsumen dapat membuat keputusan informasi lebih mudah.

• Mendesak penelitian ilmiah lebih lanjut tentang efek kesehatan dari GMO.

• Melanjutkan untuk menginformasikan publik tentang rahasia Monsanto.

• Mengambil jalan untuk menunjukkan kepada dunia dan Monsanto bahwa kita tidak akan mengambil ketidakadilan ini diam-diam.
_________________________________________________________

Kami yang mendukung pernyataan ini:
_____________________________________
(BUKA DUKUNGAN: yang setuju dan ingin mendukung dari pihak apapun, tolong dishare & disebarkan)

JRX (Superman Is Dead)

Robi Navicula

Eco Defender – Bali

Walhi Bali

Akarumput.com

PermablitzJogja.net

Advertisements

2 thoughts on “Monsanto, Terminator Pertanian Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s