Permablitz Jogja #3: Kebun Rani (I)

Jalan menuju rumah Rani

Permablitz Jogja #3 kali ini bergerak ke utara Jogja ke rumah Rani. Rani tinggal di sebuah kompleks perumahan yang terletak di Desa Berkisan, Kelurahan Pandowoharjo-Sleman, sekitar 13 km dari pusat kota Jogja.

Kompleks perumahan di balik sawah

Dari awal mulai tinggal di rumah itu (sekitar 3 tahun yang lalu), Rani sebenarnya sudah membayangkan kebunnya dipenuhi sayuran. Tapi karena pengalaman bertanam sayur masing kurang, jadi hanya beberapa tanaman hias colongan dan sedikit sayur dan rempah yang tumbuh di kebunnya. Beberapa tanaman pangan yang sekarang masih tumbuh di kebun ada kecombrang, mangkokan, salam, kenikir, kemangi, ginseng jawa, dan jeruk. Selebihnya Rani membiarkan sisa kebunnya kosong begitu saja karena tidak ingin memenuhi kebun dengan tanaman yang sehari-hari tidak bisa dimanfaatkan.

Dan setelah beberapa tahun, sekaranglah waktunya kebun sayur diwujudkan! Rani senang sekali bertemu dan bekerja dengan teman-teman Permablitz Jogja yang punya ide dan semangat sama tentang bagaimana mengolah kebun untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Nah, karena kebun Rani kecil sekali, maka Permablitz kali ini tidak akan banyak mengolah tanah. Kali ini akan lebih mengeksplorasi kreativitas dalam menggunakan material yang ada untuk membuat kebun permakultur dengan kombinasi yang keren antara model raised bed gardening dan vertical gardening.

Kebun depan rumah Rani

Kebun belakang rumah Rani
Di Desa Berkisan ini hamparan sawah dan pepohonan rindang masih cukup lapang, meskipun pembangunan kompleks perumahan mulai bermunculan di sana sini. Ada pula kelompok tani ternak yang mengelola sekitar 300 sapi mereka di satu area kompleks kandang sapi. Jadi bahan-bahan lokal yang tersedia untuk pertanian permakultur masih sangat mudah didapat.

Kelompok tani ternak di Berkisan
Advertisements

One thought on “Permablitz Jogja #3: Kebun Rani (I)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s